Header Ads

Membuat Kesan Mewah pada Hunian Sederhana

Perkembangan pengetahuan tentang dekorasi hunian membuat opsi merancang rumah semakin beragam.

Masyarakat yang mungkin awalnya pesimis untuk memiliki hunian dengan interior yang lebih bagus, kini mendapatkan kesempatan untuk merancang hunian mereka sendiri berbasis ide-ide dekorasi baik dari literasi cetak maupun via internet.

Saat ini, tren pencarian ide-ide dekorasi rumah yang masyarakat lakukan via internet hanya bermodal situs pencarian google ataupun website-website khusus yang menampilkan ide dekorasi berbasis unggahan foto, misalnya merujuk pada situs pinterest.

Membuat Kesan Mewah pada Hunian Sederhana

Kesempatan yang diberikan oleh transparansi ide dekorasi juga berdampak kepada masyarakat yang bermukim pada rumah sederhana untuk merenovasi huniannya menjadi hunian yang elegan dan mewah.

Tidak perlu luasan besar, budget yang besar, atau perabotan berkelas berharga mahal untuk membuat kesan rumah mewah pada sebuah rumah sederhana. Cukup hanya dengan mengeksplorasi sisi interiornya saja.

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan bagi masyarakat yang ingin mendekor interior rumah sederhananya agar terlihat seperti interior rumah mewah tanpa harus mengeluarkan budget yang terlalu besar. Mulai dari pewarnaan dinding, penempatan barang, hingga memasang beberapa aksesoris dapat menjadi cara untuk membuat kesan mewah pada hunian.

Pewarnaan Dinding

Cara paling mudah untuk membuat kesan yang berbeda dalam rumah sederhana anda adalah melakukan pewarnaan pada dinding

Meskipun warna-warna glamor dan elegan seperti merah, hitam, atau cokelat kini sangat mudah untuk didapatkan diseluruh toko bahan bangunan, namun ada baiknya terlebih dahulu menentukan konsep dari interior hunian Anda. Hal tersebut agar terdapat kesesuaian pewarnaan (matching) antara perabotan (furniture) dengan warna dinding Anda.

Jika Anda tidak ingin ribet memilih warna, warna putih pada dinding dikatakan potensial diimprovisasi untuk menimbulkan kesan classy dan sesuai tren generasi millenial. Hal tersebut juga sangat menguntungkan bagi Anda yang saat ini tinggal di rumah bersubsidi yang rata-rata interiornya menggunakan cat berdasar warna putih.

Namun terdapat catatan, untuk mengangkat interior berwarna putih tersebut sesuai dengan konsep desain interior zaman sekarang, Anda memerlukan penempatan furnitur-furnitur dengan warna yang sesuai semisal furnitur berbahan dasar kayu atau sentuhan abu-abu industrial.

Penempatan Barang


Jika Anda ingin memperlihatkan sisi mewah dari interior tersebut baik untuk pribadi maupun kepada tamu yang datang, tidak semerta-merta Anda harus membeli banyak aksesoris atau furnitur brand terkenal yang harganya mahal.

Dalam mendekorasi, setidaknya ada tiga elemen yang dapat terlihat dari ruang tamu, sofa yang nyaman, kombinasi gorden, dan tirai, serta penggunaan almari atau rak untuk menyusun hiasan-hiasan koleksi Anda.

Peletakkan barang juga harus teratur dan rapih untuk menghindari kesan sempit dan berantakan yang dapat menurunkan level hunian anda.

Pasang Gorden dan Tirai


Percaya atau tidak, menempatkan kombinasi gorden dan tirai dapat meningkatkan kesan mewah dalam hunian kalian. Apalagi gorden dan tirai tersebut ditempatkan pada ruang tamu atau ruang keluarga.

Pilihlah gorden dengan bahan terbaik dan warna yang meberi kesan mewah, misalnya warna emas, merah maroon, hijau emerald, atau ungu violet. Agar tidak terkesan kaku, gorden juga perlu dikombinasikan dengan tirai yang bagus.

Rata-rata tirai yang digunakan memang berwarna netral, putih misalnya. Namun, untuk menimbulkan kesan classy pada interior anda, pilih jenis tirai putih yang berbahan tipis dan dapat ditembus oleh cahaya alami matahari dari luar jendela.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan budget yang besar, cukup memasang salah satu elemen pun dirasa sudah cukup untuk meningkatkan suasana pada tempat bermukim Anda. Namun, jika itu hanya tirai, anda dapat memilih bahan yang tidak terlalu tipis maupun tidak terlalu tebal.

Kombinasikan Penggunaan Rak


Sebagai salah satu elemen yang membuat area interior menjadi 'berkelas', penggunaan rak juga dapat menimbulkan kesan keteraturan bagi sang pemilik hunian.

Dalam menggunakan rak untuk meningkatkan keteraturan, ada baiknya untuk mengombinasikan rak berdiri dengan pemasangan rak menggantung di dinding-dinding ruangan. Untuk rak berdiri, rak dengan kaca merupakan pilihan terbaik. Anda dapat menemukan beragam jenis dan harga rak kaca yang tidak terlalu mahal, namun tetap memberikan kesan mahal dan mewah pada ruang-ruang utama Anda. Berbeda dengan rak berdiri, rak menggantung disarankan berbahan dasar kayu untuk mengangkat kesan elegan dengan unsur-unsur alam.

Kesan berkelas juga ditunjukkan dari konten apa yang mengisi rak-rak Anda. Perbanyak konten seperti buku, majalah, patung, atau vas-vas tanaman.