Post Top Ad

Batik

UMKM

Cara Mengusir Semut Api Yang Paling Ampuh! Semut api yakni spesies semut yang terkenal dengan gigitannya yang sangat sakit. Sekali kalian digigit oleh semut ini, bengkaknya baru hilang selama beberapa hari. Hal yang satu ini tidak begitu mengherankan karena semut api mempunyai racun yang cukup membuat kulit kalian bengkak. Telur dan juga larva dari hewan ini biasa dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai pakan burung.
cara mengusir semut

Meskipun semut ini memiliki sedikit kegunaan, akan tetapi keberadaannya di sekitar rumah memang mengganggu sekali, apalagi jika kalian memiliki anak kecil ataupun hewan peliharaan yang rentan diserang semut api. Nah kalian tak perlu khawatir jika semut ini ada di sekitar kalian.

Cara mengusir semut api adalah topik yang akan kita bahas kali ini. Hewan yang satu ini biasa membuat sarang yang berupa gundukan tanah yang tinggi. Jika kalian sudah menemukan sarang semut ini, tentu akan sangat mudah untuk segera mengusirnya.

Yang pertama adalah dengan menggunakan insektisida atau yang biasa dikenal dengan obat nyamuk semprot. Jika kalian mempunyai obat nyamuk semprot, kalian bisa memanfaatkan obat nyamuk semprot ini untuk mengusir semut api di dalam rumah kalian. Semut api tak hanya berkeliaran di luar rumah saja, akan tetapi kadang-kadang koloni semut ini pun berada di dalam rumah untuk mencari makanan.

Cara mengusir semut api dengan menggunakan insektisida bisa dibilang sangat gampang, kalian tinggal menyemprotkan insektisida langsung ke sarang mereka. Semut ini biasa berkerubung pada tempat sampah atau bahkan kadang naik ke meja makan.

Yang kedua dengan menggunakan sabun cuci piring dan air. Kalian bisa membuat larutan dari air dan juga sabun cuci piring. Kemudian masukan larutan yang sudah kalian buat tadi ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut ke barisan semut api yang masuk ke dalam rumah kalian. Atau kalian semprotkan langsung ke sarangnya.

Cara mengusir semut api yang berikutnya adalah dengan asam borat. Bahan yang satu ini merupakan bahan alami yang benar-benar efektif untuk mengusir semut api. Ketika semut api mencerna makanan yang sudah diberi asam borat, mereka akan keracunan dan langsung mati. Bahkan asam borat juga dapat merusak lapisan kulit semut api.

Kalian taburkan saja asam borat di tempat yang sering semut api lalui. Kalian juga bisa memasang perangkap berupa makanan yang sudah kalian taburi dengan asam borat. Perlu kalian ingat bahwa jauhkan asam borat dari jangkauan anak-anak dan juga binatang peliharaan kalian.

Cara mengusir semut api selanjutnya adalah dengan perangkap sirup. Semut ialah hewan pekerja yang bisa dibilang cukup cerdik. Mereka akan berusaha mencari celah untuk mendapatkan makanan. Membuat perangkap dari sirup adalah salah satu cara yang mudah dan juga tidak mengotori rumah kalian untuk membasmi koloni semut ini.

Kalian bisa mencampurkan dua sendok makan sirup yang kental dengan dua sendok makan asam borat. Apabila teksturnya kurang kental, tambahkan saja asam borat. Selanjutnya oleskan larutan sirup dan juga asam borat di atas kertas karton. Kemudian letakkanlah karton tersebut dekat sarang semut ataupun tempat-tempat yang biasa dikunjungi semut. Perangkat ini akan membuat koloni semut langsung mati.

Cara mengusir semut yang berikutnya adalah dengan menggunakan cuka dan baking soda. Larutkanlah kedua bahan ini, atau bila perlu rebus cuka hingga mendidih agar langsung mematikan semut api. Setelah itu tuangkan cairan tersebut langsung ke sarangnya, terutama lubangnya.

Sekian pembahasan mengenai cara mengusir semut api yang paling ampuh. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Post Top Ad