Header Ads

Inilah Penggunaan Keju Cheddar dalam Olahan Makanan

Bagi pecinta kuliner makanan dengan cita rasa gurih, keju tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Keju memang kerap kita jumpai pada berbagai sajian makanan baik sebagai taburan atau topping, bahan isian makanan, hingga sebagai bahan utama. Menambahkan keju dalam olahan makanan selain bisa membuat aromanya menjadi lebih harum, juga membuat cita rasanya menjadi lebih gurih dan nikmat. Di pasaran harga keju cheddar terbilang sangat bervariasi, tergantung dari kualitas yang dimilikinya.

harga keju cheddar

Nama cheddar pada penamaan keju yang satu ini sesuai dengan nama asal pembuatnya, yaitu desa Cheddar, Somerset, Inggris. Keju cheddar memiliki ciri khas yang membedakannya dengan keju jenis lainnya, yaitu memiliki tekstur keras dan warna yang lebih kuning. Menambahkan keju cheddar dalam olahan makanan akan membuat aromanya menjadi lebih kuat. Dibandingkan dengan keju jenis lainnya, harganya memang cenderung sedikit lebih mahal.

Sebagai produk olahan susu, keju cheddar sangat kaya akan mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Terdapat kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin B12 di dalam keju yang sangat sayang jika dilewatkan. Keju cheddar bisa digunakan untuk olahan masakan dengan berbagai cara, antara lain:

    • Diparut.
Anda bisa memarut keju cheddar dan menjadikannya sebagai taburan atau topping pada kue atau makanan, seperti pisang bakar keju, roti tawar, donat, bolu, salad buah, dll.

    • Dipotong.
Anda bisa memotong keju cheddar menjadi berbentuk dadu atau memanjang dan menggunakannya sebagai bahan isian pada roti isi keju, kue pastry, pisang keju, nasi goreng, risoles, dll.

Mengolah keju cheddar memang lebih mudah dibandingkan dengan keju jenis lainnya. Keju cheddar tidak mudah kering dan berjamur, dan baiknya disimpan di kulkas di dalam wadah tertutup atau alumunium foil jika bersisa setelah penggunaan. Sehingga keju masih bisa digunakan untuk beberapa waktu ke depan. Untuk sisi yang sudah terpotong, Anda bisa mengolesinya dengan margarin agar tidak cepat kering. Nah, untuk Anda yang senang berbelanja keju cheddar untuk keperluan memasak di rumah ataupun usaha kuliner, Tokowahab bisa menjadi pilihan tepat. Di sini, harga keju cheddar lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di pasaran, begitu juga untuk bahan kue lainnya.