Header Ads

Kenali Ciri Ciri Alergi Telur Dan Cara Mengatasinya

Alergi telur merupakan reaksi atipikal dari sistem kekebalan tubuh pada saat menanggapi protein yang ada dalam telur atau makanan yang mengandung telur di dalamnya. Alergi telur  bisa terjadi pada siapa saja baik pada bayi hingga orang dewasa. Ketika seseorang terkena alergi, maka akan berdampak pada sistem imun yang mendeteksi protein dari telur sebagai sesuatu yang berbahaya dan mengancam sehingga tubuh menolak dengan ditandai munculnya reaksi alergi telur tersebut.

Pada dasarnya, sistem imun memiliki tugas melindungi tubuh dari kuman serta ancaman lainnya. Akan tetapi, bagi penderita alergi telur, tubuh akan menggunakan antibodi untuk melawan protein telur karena dianggap sebagai zat yang berbahaya. Gejala yang timbul bagi orang pengidap alergi telur akan muncul beberapa jam setelah mengonsumsi telur.

alergi telur


Ketahui Penyebab, Ciri Ciri, dan Gejala Alergi Telur

Penyebab alergi telur yang utama karena reaksi berlebih dari sistem kekebalan tubuh kepada kandungan protein yang dimiliki oleh telur, karena protein telur telah dianggap sebagai sesuatu yang membahayakan bagi tubuh. Berikut adalah ciri ciri yang bisa Anda temukan yang akan memberitahu bahwa tubuh telah melakukan aksi penolakan terhadap protein telur atau biasa disebut alergi telur:

Munculnya Ruam Pada Kulit

Ruam pada kulit adalah gejala yang khas bagi pengidap alergi telur. Ciri alergi protein yang satu ini akan bereaksi dan menimbulkan ruam kulit yang timbul sesaat setelah mengkonsumsi telur atau makanan yang mengandung telur di dalamnya. Ciri ruam pada kulit ditandai dengan ruam yang berwarna kemerahan disertai dengan atau tanpa penonjolan kulit.

Pembengkakan Pada Kulit

Pembengkakan biasa terjadi bagi orang yang mengalami alergi telur. Pembengkakan tersebut terdapat di sejumlah bagian pada tubuh seperti pada bibir, wajah, dan kelopak mata. Jika sudah muncul pembekakan, maka Anda bisa menemukan obat alergi telur pada wajah agar bisa mengurangi pembengkakan tersebut.

Rasa Gatal Pada Kulit

Selanjutnya, alergi telur bisa berangkat dari ciri ciri gatal yang timbul. Reaksi alergi telur yang diakibatkan pelepasan histamine di dalam tubuh akan menimbulkan rasa gatal pada beberapa bagian tubuh. Beberapa bagian tubuh yang akan terasa gatal ada pada mata, bibir, telinga, tenggorokan, tangan, dan kaki.

Dengan Anda menemukan obat alergi telur di apotik, maka bukan tidak mungkin rasa gatal tersebut akan hilang karena reaksi dari gatal pada umumnya langsung timbul beberapa saat setelah tubuh menerima telur atau makanan olahan yang berbahan dasar telur.


Pencernaan Menjadi Terganggu

alergi telur

Seperti yang sudah diketahui bahwa alergi telur tidak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan bisa menyerang bayi. Obat tradisional alergi telur pada bayi dapat digunakan untuk meminimalisir kemungkinan efek samping yang terjadi.

Ciri ciri alergi dapat menyebabkan pencernaan menjadi terganggu sebenarnya jarang terjadi, tetapi bukan tidak mungkin akan timbul dan menimpa tubuh Anda. Gejala yang biasa muncul pada pencernaan akibat alergi telur bisa berangkat dari sakit perut, mual pada perut, hingga muntah-muntah.

Gejala Anafilaksis

alergi telur

Reaksi dari alergi telur yang serius sebagai reaksi anafilaksis umumnya ditandai dengan susah nafas, denyut nadi berdetak lebih kencang dari biasanya, tekanan darah menjadi menurun, mengalami pusing pada kepala hingga pingsan. Jika gejala seperti ini menyerang, Anda sangat memerlukan penanganan medis yang serius sebelum kondisi akan semakin parah.

Jika Anda adalah salah satu orang yang mengalami alergi telur, langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan menghindari telur dalam makanan yang dimakan. Penggunaan obat-obatan hanya berfungsi untuk meredakan gejala dari alergi yang muncul.