Akuntansi UKM merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan dan dikelola dengan baik oleh pelaku UKM. Terlebih bagi mereka yang ingin terus mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang dijalankannya. Jadi, kita tidak boleh hanya berfokus terhadap keuntungan yang akan diperoleh saja. Sebelum mendapatkan keuntungan maka pelaku bisnis perlu mencatat seluruh pengeluaran dan pendapatan supaya semua kegiatan yang dilakukan tercatat dengan jelas.


4 Manfaat Akuntansi untuk Bisnis yang Jarang Diketahui

Dengan begitu, jika sewaktu-waktu terjadi yang tidak beres dengan keuangan perusahaan, kita dapat mengetahui kebenarannya dari catatan yang kita buat. Namun, pencatatan keuangan ini bukan hanya penting bagi UKM berskala besar saja. Bahkan, UKM berskala kecil hendaknya sudah melakukan pencatatan keuangan dengan baik. Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari pencatatan keuangan dalam sebuah UKM, di antaranya adalah sebagai berikut:


Mengetahui Arus Keuangan Usaha


Dengan mengetahui arus keuangan perusahaan, maka Anda dapat mengambil keputusan yang baik untuk mengembangkan usaha. Untuk memastikan arus keuangan tercatat dengan lengkap, maka catatan keuangan yang dibuat harus sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Pastikan mencatat jumlah modal yang terpakai, modal yang belum digunakan, jumlah utang, pendapatan, pengeluaran, dan lain sebagainya. 


Membantu Memudahkan Perencanaan


Bagi perusahaan yang sedang berkembang, pembukuan merupakan salah satu kegiatan yang sangat vital. Pasalnya, dari pembukuan kita dapat menyusun cara untuk mengoptimalkan biaya yang tersedia sekaligus sebagai perencanaan. Dengan begitu, kita dapat merencanakan langkah lanjutan yang tepat untuk meningkatkan usaha berdasarkan catatan keuangan yang telah ada. 


Memudahkan Melakukan Pinjaman


Jika usaha yang kita miliki sudah berkembang cukup pesat, maka dana yang akan dibutuhkan ke depannya juga pasti meningkat. Hal itu ditujukan agar produksi yang kita jalankan terus meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Saat kita memiliki catatan akuntansi yang lengkap dan sesuai standar, hal itu akan mempermudah kita dalam melakukan peminjaman terhadap bank. Pasalnya, beberapa bank mungkin menjadikan laporan keuangan sebagai persyaratan untuk peminjaman bagi pelaku usaha.


Mempermudah Pengambilan Keputusan


Dengan memiliki pencatatan keuangan yang lengkap, pelaku usaha dapat menjadi lebih mudah dalam proses pengambilan keputusan. Pasalnya, pengambilan keputusan ini di dasarkan dari catatan keuangan yang ada. Jika sebelumnya keuangan perusahaan buruk, maka pelaku usaha dapat mencari cara terbaik untuk memperbaikinya. Sementara jika keuangannya baik, mereka akan berusaha meningkatkannya dengan caranya masing-masing. 


Apa pun jenis usaha Anda, pencatatan atau akuntansi UKM adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele. Nah, untuk mempermudah pusat pencatatan tersebut Anda harus mengunduh aplikasi BukuKas pada smartphone. Aplikasi ini memiliki beragam fitur kekinian yang sangat cocok dengan kebutuhan seluruh pelaku usaha, termasuk pemilik atau pengembang aplikasi toko online. Menariknya lagi, aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna dari kalangan pemilik usaha dan warung di sekitar 750 kota di Indonesia. Yuk, segera beralih ke metode akuntansi yang baru dengan download aplikasi BukuKas!