Header Ads

pasca erupsi merapi

 




[caption id="attachment_222" align="alignleft" width="300" caption="kinah rejo pasca erupsi merapi"][/caption]

ini merupakan tulisan pertama setelah masa erupsi merapi pada bulan oktober. semua berlangsung begitu cepat. ketika mbah maridjan meninggal terkena awan panas, tak pernah terfikir efeknya akan masih terasa hingga sekarang. awan panas yang mencapai jarak 17 km dari puncak merapi, padahal diprediksi jarak aman 15 km; abu vulkanik yang begitu tebal, yang diawali dengan hujan kerikil dan hujan pasir, banyak masyarakat yang mengungsi, kini kita masih disibukkan dengan lahar dingin di sungai-sungai, kali krasak, boyong-code, pabelan, dan yang masih cukup parah adalah kali putih.




[caption id="attachment_223" align="alignright" width="300" caption="akibat terjangan kali putih"][/caption]

Allah hanya menggerakkan satu gunung dan sungai-sungai yang berhulu di merapi. bagaimana jika semua gunung dan sungai digerakkan? kita tak akan bisa apa-apa.


mengapa semua ini terjadi? kata ebiet, tanyakan pada rumput yang bergoyang. semua yang ada di dunia ini pasti menganut sistem sebab akibat. Hanya Allah yang tidak memilikinya. Allah adalah sebab dari segalanya karena Ia-lah wajibul wujud. apa yang membuat Ia menurunkan akibat yang seperti ini? silakan kita renungkan sendiri apa yang telah kita lakukan selama ini.