Header Ads

Saya Masih Sendiri

bukan bermaksud kalau saya saat ini jomblo, meski memang beneran jomblo sih, tapi ini hubungannya dengan status saya sebagai blogger. saya sampai saat ini tidak masuk ke dalam komunitas blogger. yang saya tahu di Jogja ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) dan pernah mendengar angkringan (ga tahu masih ada atau engga). tapi sampai saat ini saya tidak pernah menasbihkan diri masuk ke komunitas tersebut.


sebenarnya pernah ada rasa ingin sekali ikut dalam komunitas, khususnya KBJ, tapi saya tidak bisa. sekali lagi tidak bisa bukan tidak mau. ada beberapa pertimbangan mengapa saya tidak bisa ikut dalam komunitas. tidak perlu saya jelaskan secara rinci mengapa saya tidak bisa. saya memutuskan untuk menjadi preman (baca: freeman) atau orang bebas yang tidak terikat oleh apa pun.


saya yakin seyakin-yakinnya, dengan ikut komunitas maka akan banyak manfaat yang ada. baik itu untuk anggota komunitas, komunitas itu sendiri, dan sistem di luar komunitas. semisal gathering yang pasti bermanfaat karena dengan bersilaturahim maka akan memperlancar rezeki, komunitas melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana alam, dan lain sebagainya.


di BN2013 yang lalu saya sempat bertemu dengan beberapa anggota KBJ dan saya diajak untuk bergabung tapi sampai saat ini saya belum juga bergabung. saya hanya mengikuti perkembangan melalui twitter dan facebook saja. untuk kopdar tiap rabu, saya belum bisa ikut. sekali lagi bukan tidak mau tapi tidak bisa.


alasan saya sederhana, ketika saya masuk ke suatu sistem maka saya harus mengikuti apa yang menjadi jalan dari sistem tersebut. padahal saya juga memiliki lingkungan yang bersistem sendiri. dengan kata lain ketika saya masuk ke suatu komunitas maka tanggung jawab saya bertambah. mungkin Anda akan berkomentar, "dasar orang yang tidak bisa diandalkan untuk bertanggung jawab". sah-sah saja, karena memang saat ini saya memang sedang tidak bisa.


saya tidak ingin menambah dosa member KBJ dengan masuk ke KBJ. lho kok bisa? saya tahu diri kalau saya sering tidak bisa kalau diajak daring. nah, kalau nanti ada daring, terus member yang lain berprasangka "ini anggota yang bernama farid kok ga pernah nongol gimana sih?". awalnya mereka hanya bertanya, lalu berprasangka, terus nggosip, lama-lama memfitnah saya kan bahaya. :D


karena saya bukan member KBJ jadi saya tidak bisa bercerita banyak tentang KBJ. yang saya tahu KBJ itu komunitas blogger yang ada di Jogja. :)