Header Ads

Tragedi Ayunan

Kemarin sore Fauzi alias Sang Petualang mengupload foto di facebook. saya tidak tahu foto-foto itu diambil di mana, tapi sepertinya di sebuah TK. ada ayunan, perosotan, dan saya tidak tahu namanya, tapi yang pasti semacam tempat bermain anak TK begitu. melihat foto-foto itu saya seketika ingat tragedi yang menimpa anak teman ibuku.


kejadiannya sudah cukup lama, kalau tidak setahun dua tahun yang lalu. teman ibuku itu tinggal di dekat sekolah TK dan SMK. ia punya anak yang masih kecil tapi sudah bukan TK lagi, sekitar kelas satu atau dua SD. anak ini sering bermain di tempat bermain TK yang seperti biasa ada ayunan dan perosotan.





[caption id="" align="aligncenter" width="356" caption="Fauzi main ayunan"]Fauzi main ayunan[/caption]

sebagaimana saya sampaikan tadi, rumahnya dekat dengan SMK juga. yah mungkin anak SMK ini mengenang masa kecil atau malah masa kecil kurang bahagia, mereka sering bermain juga di tempat bermain TK ini. mungkin ayunan adalah tempat yang romantis untuk mereka bermain. setiap siang pulang sekolah, mereka sering nongkrong di ayunan itu.


kembali pada si anak, seperti hari-hari biasanya, ia bermain di ayunan TK. saking asyiknya bermain, ia tidak sadar kalau ayunan itu kurang aman. diduga ayunan itu overload karena sering dipakai oleh anak-anak SMK, ketika dipakai oleh si anak ayunan itu putus di bagian atasnya. saya tidak tahu persis bagaimana penanganan pertama dan seberapa parah sakitnya. yang saya tahu, ia sampai beberapa bulan kemudian baru sembuh. sepertinya sih ada masalah di tulang belakang atau tulang ekor.


buat kita yang sudah segede ini, mari kita sadar diri lah, sekangen apa pun kita dengan masa kecil, itu mainan adalah untuk mereka yang masih usia TK. kalau kita terlalu sering menggunakannya, tentu saja overload. kasihan adik-adik kita kalau ternyata rusak dan terjadi tragedi sebagaimana yang terjadi pada anak teman ibuku.