Header Ads

Sedikit Belajar dari Boingboing.net

ketika mendengar nama Boingboing, apa yang pertama terbersit dalam pikiran anda? jujur, yang pertama kefikiran di otak saya adalah tentang pesawat terbang, terutama yang barusan hilang dan sampai sekarang belum ketahuan rimbanya. ternyata dugaan saya salah banget pake nget. tulisannya pun beda antara boingboing dengan nama pesawat. boingboing adalah blog atau situs yang dibuat oleh Happy Mutant, LLC.


boingboing adalah sebuah majalah yang lahir di tahun 1988 dari rahim Mark Frauenfelder dan Carla Sinclair lho siapa yang punya rahim dan melahirkan?. daripada mentranslate, ini saya copaskan saja dari aslinya "the print bOING bOING was about all the counter-cultural fun to be had with computers, science fiction, comics, art and "all manner of posthuman irreverant things," as Luiz Ortiz described it in his Compendium of Cult Magazines." paham? kalau belum silakan pakai kamusnya mbah gugel. kemudian, di tahun 1990 menjadi pionir group blog.




[caption id="attachment_1838" align="aligncenter" width="300"]tampilan boingboing versi web tampilan boingboing versi web[/caption]

boingboing hadir dengan platform sejuta umat wordpress. tampilannya dominan putih baik itu versi web maupun mobile. untuk versi web, boingboing hadir dengan two columns, dimana left column sebagai tempat postingan blog dan bagian right column untuk sidebar. tombol navigasi berada di atas dan terlihat jelas dan menarik karena warna-warni seperti pelangi.




[caption id="attachment_1839" align="aligncenter" width="235"]tampilan boingboing versi mobile tampilan boingboing versi mobile[/caption]

sedangkan untuk versi mobile, boing boing hadir sederhana. di atas telihat jelas warna merah menyala logo sekaligus nama blog, boingboing. langsung di bawahnya judul postingan. dan seperti blog pada umumnya, frontpage hanya menampilkan post summary dan di bagian bawah ditampilkan "read the rest". tapi tidak semuanya menampilkan ringkasan karena tidak semua berupa tulisan panjang, tetapi hanya foto atau gambar dengan sedikit penjelasan. kalau penjelasannya sedikit, mau diringkas jadi macam apa? :D


ada yang menarik dari blog ini, meskipun isinya terlihat sederhana, tidak banyak tulisan, blog ini dikerjakan secara profesional. kurang profesional gimana, stakeholder yang ada di balik blog ini adalah orang yang harus sudah berkontribusi di New York Times, Washington Post, Wired, Scientific American, NPR, CNN, dan media lainnya.


jadi tidak diragukan lagi bahwa blog ini meski sederhana tetapi bersifat menginformasikan. saya jadi ingat postingan beberapa waktu yang lalu ketika admin Liga Blogger Indonesia melempar tema content marketing dan saya menulis "tulislah apa yang dibutuhkan oleh pembaca". dan sebagai blog yang sudah profesional di tangan yang profesional pula, boingboing menginformasikan suatu hal dengan cara mereka.


mereka tidak hanya menampilkan tulisan, tetapi banyak pula foto atau gambar dan video sehingga kita merasa nyaman berada di sana. selain itu, mereka pun menggarap podcasting. kita bisa dengan bebasnya membaca dan menikmati isi dari blog ini. tetapi ketika kita ingin berkomentar atau ikut dalam forum, atau yang disebut bbs, kita harus membuat akun terlebih dahulu.


umur anda berapa? boingboing membatasi anak usia kurang dari 13 tahun tidak boleh membuat akun. dan mereka memiliki hak untuk menghapus akun kita dan/atau konten milik kita jika itu melanggar aturan mereka. ya iyalah, itu rumah mereka dan mereka berhak mengusir siapa saja yang membuat rusuh di rumah mereka.


ketika saya masuk ke dalam forum, ternyata ada perbedaan antara forum online pada umumnya dengan bbs. di bbs, TS (tread starter) adalah postingan boingboing itu sendiri dan yang berkomentar adalah komentator postingan. dengan kata lain komentar atas postingan dikumpulkan dalam "rumah" tersendiri.


apa pelajaran yang bisa kita ambil? banyak, silakan simpulkan sendiri atau langsung ke lokasi. tapi satu hal, sesederhana apa pun pekerjaan yang kita geluti, harus dilakukan dengan profesional, atau sesuai dengan bidang dan passion kita. sebenarnya dengan blog edisi pertama ini saya sedang belajar profesional. tentang apa? suatu saat semoga saya bisa menceritakannya. :)