Header Ads

Selamat Pak Jokowi-JK

merah utihalhamdulillah setelah semua proses pemilihan umum baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden, dilanjutkan masa persidangan Mahkamah Konstitusi, Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia 2014-2019. semoga beliau berdua senantiasa diberi kekuatan dan dapat mengemban amanah sebagai ulil amri. begitu besar harapan masyarakat Indonesia kepada beliau berdua.


kepada Pak Prabowo-Hatta, semoga diberi keikhlasan dan kesabaran. sebenarnya keikhlasan dan kesabaran bukan hanya ditujukan kepada beliau yang belum berhasil menjadi presiden terpilih, melainkan kepada presiden terpilih serta kita sebagai rakyat juga. Pak Jokowi-JK harus ikhlas dan sabar melaksanakan amanah, sedangkan kita sebagai rakyat harus ikhlas dan sabar dipimpin oleh beliau berdua.


kita sebagai rakyat juga memiliki kewajiban yaitu tunduk dan patuh atas apa yang diperintahkan oleh pemimpin kita. tentu saja syarat dan ketentuan berlaku, selama apa yang diperintahkan oleh pemimpin bukanlah berupa kedzaliman. sehebat apa pun pemimpin kita jika tanpa didukung oleh rakyat yang seiya sekata, kepemimpinannya hanya akan menjadi sia-sia.


kita sebagai rakyat tidak seharusnya selalu menuntut kepada pemimpin. tidak bisa pula pemimpin "memeras" rakyatnya. pemimpin memiliki visi atas apa yang dipimpinnya dan rakyat berhak dan wajib ikut serta dalam mewujudkan visi tersebut.


kita ingat sejenak (maaf jika salah mohon diluruskan) percakapan antara khawarij dengan Khalifah Ali, dimana Khawarij mempertanyakan kepemimpinan Khalifah Ali yang tidak seperti kepemimpinan Khalifah Abu Bakar maupun Khalifah Umar. bagaimana Khalifah Ali menjawabnya? beliau menjawab dengan, kurang lebih, "karena zaman Abu Bakar dan Umar akulah rakyatnya. sedangkan pada pemerintahanku kalianlah rakyatnya". semoga kita termasuk rakyat yang tidak hanya bisa meragukan pemimpin.


sekali lagi selamat kepada Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, dan selamat kepada seluruh rakyat Indonesia.