Header Ads

Saya Juga Pernah Belanja Online

berbicara mengenai online shop, saya belum pernah menjual suatu barang pun di dunia maya. tetapi kalau membeli sudah pernah meski tidak terlalu sering. pernah saya membeli barang dari toko online pernah pula membeli lewat situs jual beli. kelihatan ya kalau konsumtif karena hanya membeli tanpa pernah menjual. hehehe.


saya pertama kali belanja online adalah membeli DVD. tenang ini bukan DVD yang isinya gitu-gituan tetapi DVD software. waktu itu saya sedang ingin install ulang laptop saya dengan linux. bisa saja sih saya mendownload gratis tetapi karena ukurannya agak gede sekitar 1 GB, malas saja men-download di warnet. bisa juga "meminta" di lab atau perpustakaan atau cari relasi tetapi membeli online adalah pilihan saya waktu itu. dengan biaya yang cukup murah hanya Rp 12.000,- (plus stiker) ditambah biaya kirim dari jakarta ke jogja sebesar Rp 16.000,- (kalau tidak salah), barang sudah sampai rumah. di beberapa bulan kemudian saya membeli lagi DVD linux distro berbeda di toko yang sama, dan harganya sama dengan lama pemrosesan dan pengiriman yang sama, sekitar 2 hari.


pernah pula membeli barang fashion di salah satu situs fashion yang cukup besar. sebenarnya saya tidak membeli secara penuh tetapi karena saya mendapat voucher karena pernah membuat review di blog ini akhirnya saya bisa mencairkan dalam bentuk barang, waktu itu saya memilih baju koko, dan dalam beberapa hari barang dikirim sampai rumah. lumayan lah untuk pencinta gratisan bisa mendapat rejeki seperti ini. meski tidak sepenuhnya gratis karena biaya kirim sebesar Rp 14.000,- tidak ditanggung voucher dan harus dibayar oleh pembeli. hehe


kemudahan dalam berbelanja online adalah alasan utama banyak orang termasuk saya. ketika saya pertama kali menggunakan fasilitas ini, saat membeli DVD, banyaknya varian produk yang bisa dipilih memudahkan kita untuk membeli tanpa harus berputar-putar keliling kota mencari barang yang sesuai. bagi saya yang belum memiliki kartu kredit dan hanya bermodal kartu atm, dan itu diperbolehkan oleh penjual, sangat membantu dalam pembayaran.


pelayanan pun satu hal yang mutlak harus ada dalam online shop. pernah seorang dosen berkata, saat ini menjual produk jasa maupun produk barang sebenarnya kita menjual jasa. kita belanja bukan saja membeli barang tetapi segala perlakuan toko kepada kita menjadi pertimbangan. bayangkan saja jika toko online dalam memproses barang sangat lambat, costumer service tidak berjalan baik, dan barangnya ternyata tidak sesuai dengan keinginan, kata orang "sakitnya tu di sini" (sambil pegang dompet). alhamdulillah dari beberapa kali saya belanja online, mereka memberi pelayanan yang baik.


sebenarnya kalau saya merasakan, membeli online maupun offline sudah tidak terlalu jauh berbeda. yang membedakan hanyalah lokasi dan sistem pengiriman da pembayaran. ketika kita membeli offline maupun online, sebagai generasi online, kita selalu mencari info mengenai spesifikasi produk lewat internet. iya apa iya? ketika kita mau pergi ke toko pakaian, kita searching dulu baju yang sedang nge-tren yang seperti apa. kita mau beli ponsel di mall mana gitu, kita mencari dulu plus minusnya di situs online. sampai toko kita pun disuguhi dengan beberapa barang yang sama persis karena memang buatan pabrik dibuat sedemikian rupa sehingga satu dan lainnya seragam.


jadi, dunia online dan offline sudah bukan lagi dua sistem yang saling mengalahkan, melainkan saling mendukung. karena tidak mungkin ada dunia maya tanpa adanya dunia nyata begitu pula dunia nyata kini terasa hampa tanpa dunia maya. dan uang pun dapat beterbangan di antara keduanya. :)


tulisan ini diikutsertakan dalamgiveaway Susindra tetapi tidak mengharap juara pertama.