Header Ads

Rio Haryanto, Jadilah yang Pertama

Kabar gembira akhirnya muncul ke permukaan. Rio Haryanto bisa juga ke balapan mobil (yang bagi saya) paling bergengsi di dunia, F1. Memang dalam beberapa waktu ini keputusan bisa atau tidaknya Rio ke F1 masih menggantung. Kini keputusan sudah ada. Terlepas dari proses yang harus menggunakan uang, kita perlu bangga karena ada orang Indonesia yang tampil di sana. Lalu setelah itu?
sumber: antaranews.com
Balapan tentu saja mengejar posisi yang terdepan dan yang pertama. Tetapi di konteks masyarakat Indonesia, semoga Rio juga menjadi yang pertama yang ada di F1. Tentu saja itu sudah hampir pasti terjadi. Tetapi, jangan sampai Rio menjadi yang terakhir. Maksudnya jangan sampai setelah ia, tidak ada lagi generasi yang melanjutkan kiprahnya. Jangan sampai kita terlena karena sudah ada orang Indonesia yang ada di sana lalu tidak menumbuhkan Rio Haryanto lainnya.


Jika Rio menjadi orang Indonesia yang terakhir berlaga di F1, mendingan tidak perlu lah ia ikut. Sekalian tidak pernah ada orang Indonesia yang ikut untuk selamanya. Tetapi jika Rio adalah yang pertama, harapannya nanti akan ada generasi selanjutnya yang akan juga berlaga di sana. Rio ibarat fondasi suatu bangunan yang nantinya akan dibangun pilar-pilar dan atap.

Bagi sebagian orang yang masih suka mempertanyakan manfaat keikutsertaan Rio Haryanto di F1, lebih akan bermanfaat jika ikut mendoakan dan ikut mendukung adanya generasi setelah Rio Haryanto. Jika memang hobinya pesimis, lebih baik jangan ada di Indonesia. Indonesia sudah kebanjiran pesimisme dan sedang butuh orang-orang yang optimis. Rio Haryanto semoga menjadi orang yang bisa menumbuhkan jiwa optimis di Indonesia. :)