Header Ads

7 Cara Investasi Apartemen yang Menguntungkan

kerugian investasi apartemen, prospek investasi apartemen, investasi apartemen studio, investasi apartemen di surabaya, untung rugi beli apartemen, investasi apartemen 2017

Bagi yang suka berbisnis, investasi di bidang properti merupakan yang banyak dipilih. Sekalipun modal awalnya memang lumayan, tapi secara pengelolaan relatif mudah dan menjanjikan return atau imbal hasil yang tinggi.

Mungkin Anda juga sudah pernah dengar banyak orang yang semula membeli rumah atau apartemen dengan harga ratusan juta, tapi saat dijual kembalinya harganya sudah mencapai angka milyaran.

Cerita semacam ini sudah dirasakan oleh banyak orang. Anda pun bisa merasakan hal serupa kalau melakukan langkah-langkah yang tepat dalam berinvestasi apartemen. Simak tipsnya berikut ini:

1. Lokasi apartemen

Ini selalu yang menjadi pertimbangan utama saat kita mau beli rumah maupun apartemen. Lokasi adalah hal terpenting yang mesti diperhatikan. Jika apartemen itu berada di lokasi yang sangat strategis, pasti hunian tersebut akan lekas terjual dalam waktu singkat.

Contohnya saja seperti yang terjadi pada apartemen Pacific Garden yang berada di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Banten. Apartemen tersebut dekat dengan Universitas Binus, lumayan dekat dengan airport Soekarno Hatta, dekat dengan IKEA, rumah sakit Omni,, Hotel Mercure dan banyak lagi lokasi penting lainnya.

Lokasi selalu menjadi pertimbangan utama saat hendak membeli properti. Jika apartemen itu letaknya strategis, artinya potensi kenaikan investasi pun bisa berlangsung cepat.

2. Perkirakan kenaikan investasi

Dari lokasi apartemen yang strategis itu, bisa dinilai potensi kenaikan apartemen itu. Untuk rentang kenaikannya sangat relatif. Bisa naik 100 persen, 120 persen, 80 persen atau besaran lainnya. Tergantung dari supply-demand.

Namun umumnya properti itu pasti akan naik terus setiap tahun. Sebab memang yang membutuhkan properti itu selalu lebih banyak dibanding ketersediaannya.

3. Kualitas pengembang

Developer pengembang perlu diperhatikan dengan baik. Sebab developer apartemen yang terpercaya itu pasti telah teruji sebelumnya.

Mulai dari pemilihan lokasi, mereka sudah menghitung dengan cermat. Sehingga nantinya apartemen itu bisa laku cepat dan kenaikannya pun fantastis.

4. Siapa yang akan menyewa apartemen

Kalau Anda beli apartemen memang untuk disewakan, sedari awal sudah diperhtiungkan siapa yang potensial untuk menyewa apartemen Anda ini.

Seperti contohnya apartemen Pacific Garden yang dekat dengan Binus University itu sangat potensial disewakan untuk para mahasiswa yang berkuliah di Binus Alam Sutera. Selain itu lokasinya juga dekat dengan Mall Alam Sutera, pusat perkantoran dan bisnis. Para pekerja profesional maupun businessman di kawasan tersebut juga bisa menjadi penyewa potensial.

5. Fasilitas yang lengkap

Apartemen yang Anda beli itu harus memiliki fasilitas lengkap. Karena akan memudahkan saat Anda ingin menyewakannya. Kalau Anda mau tempati sendiri pun jelas lebih nyaman. Coba cek apakah apartemen tersebut memiliki fasilitas seperti kolam renang, gym atau fitness center, pusat bisnis, cafe, dan lainnya.

6. Kalkulasi kekuatan bayar

jika memang Anda punya dana tak terbatas, Anda bisa langsung beli cash. Tapi kalau misalnya Anda perlu berhitung cermat, bisa beli apartemen itu secara mencicil. Cari apartemen yang menyediakan kemudahan dalam pembayarannya. Agar Anda bisa mudah untuk memiliki apartemen idaman.

7. Perkiraan pengembangan kawasan dalam beberapa tahun mendatang

Investor properti yang jeli pasti akan memperhitungkan bagiamana perkembangan kawasan dalam beberapa tahun mendatang. Sebab tingkat return atau kenaikan harga jual apartemen tergantung hal tersebut. Jika apartemen itu lokasinya bagus, dan perkembangan kawasan mendatang juga pesat, secara langsung akan mengerek harga jual apartemen ini lebih tinggi.

Itulah beberapa tips agar investasi properti yang Anda lakukan membuahkan hasil. Insting bisnis Anda akan memainkan hal penting di sini. Tak ada cara lain, selain mempraktekkannya agar insting dalam memilih apartemen yang menguntungkan itu kian terasah.