Header Ads

Agenda Budaya Kabupaten Sleman 2017

Agenda Budaya Kabupaten Sleman 2017

Berbicara mengenai agenda even atau kegiatan baik itu yang terkait dengan pariwisata atau tidak, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah surganya. Bahkan salah seorang kawan pernah berseloroh kalau di Jogja ini jumlah agenda kegiatannya lebih banyak daripada jumlah hari dalam setahun. Hanya saja, dalam hal dokumentasi acara yang akan terselenggara masih kalah dari Kota Solo yang mana pernah saya tulis di tahun lalu (waktu itu sampai capek mengetiknya).

Kali ini, dengan bermodal kalender tahun 2017 yang dicetak dan diterbitkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman dan didukung dengan leaflet panduan wisata Sleman, saya tulis sedikit mengenai agenda budaya selama setahun kedepan. Sekedar informasi saja, di kalender yang diterbitkan oleh Pemkab Sleman, di tanggal-tanggal tertentu yang akan diselenggarakan acara budaya, ditandai dengan warna hijau (seperti warna merah untuk hari libur). Selalu demikian sejak beberapa tahun silam. Sayangnya hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kalender ini semisal PNS atau tokoh masyarakat.

Agenda Budaya Kabupaten Sleman 2017
  • 27-28 April 2017: Labuhan Merapi di Kinahrejo, Umbulharjo, Pakem. Diadakan setiap tanggal 30 Rejeb, memperingati penobatan Sri Sultan HB X sebagai Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat. Abdi dalem keraton membawa sesaji ke Kendit Merapi.
  • 5 Mei 2017: Upacara adat Mbah Bregas di Ngino, Margoagung, Seyegan. Diadakan sebagai rasa syukur setelah panen raya dan juga untuk mengenang jasa-jasa Mbah Bregas.
  • 12 Mei 2017: Upacara adat Tuk Si Bedug di Mrangen, Margodadi Seyegan. Diselenggarakan pada Jumat Pahing Bulan Maulud untuk mengenang perjuangan Sunan Kalijogo dalam meenyebarkan Agama Islam di daerah tersebut.
  • 15 Mei 2017: Upacara Hari jadi Kabupaten Sleman ke 101 di Denggung, Tridadi, Sleman
  • 20 Mei 2017: Sadran Agung Wotgaleh di Wotgaleh, Sendangtirto, Berbah
  • 21 Mei 2017: Sadran Agung Gito Gati di Pajangan, Pandowoharjo, Sleman
  • 11 Agustus 2017: Upacara adat Ki Ageng Tunggul Wulung  di Tengahan, Sendangagung, Minggir. Diadakan setiap hari Jumat Pon di Bulan Agustus untuk mengenang Ki Ageng Tunggul Wulung dan pada puncaknya digelar tari tayub.
  • 17 Agustus 2017: Upacara HUT RI dengan Bahasa Jawa di Banyuurip, Margoagung, Seyegan
  • 20 September 2017: Merti Bumi Suran di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem. Diadakan setiap malam 1 Suro sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas berkah yang diberikan kepada masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi.
  • 27 September 2017: Upacara adat Suran Mbah Demang di Modinan, Banyuraden, Gamping. Diselenggarakan setiap tanggal 8 Suro untuk memperingati perjuangan Demang Cokro Dikromo dalam mensejahterakan masyarakat.
  • 29 September 2017: Upacara adat Bathok Bolu di Sambiroto, Purwomartani, Kalasan. Diadakan setiap tanggal 10 Suro untuk memperingati turunnya wahyu kraton.
  • 27 Oktober 2017: Saparan Ki Ageng Wonolelo di Pondok Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak. Diadakan setiap Kamis minggu pertama Bulan Sapar untuk mengenang Ki Ageng Wonolelo dalam syiar Agama Islam di daerah itu.
  • 3 November 2017: Saparan Bekakak di Ambarketawang, Minggir. Diselenggarakan pada hari Jumat mendekati tanggal 15 Sapar, guna mengenang kesetiaan Ki Wiro Suto terhadap Sri Sultan HB I.
  • 12 November 2017: Saparan Kwagon di Kwagon, Sidorejo, Godean
  • 13 November 2017: Saparan Tunggul Arum di Tunggularum, Wonokerto, Turi. Diadakan setiap bulan Sapar dengan permohonan masyarakat agar terhindar dari bahaya Gunung Merapi.

Bagaimana kita bisa mendapatkan informasi mengenai pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Sleman? Bisa langsung ke kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dong. Saya mendapatkan leaflet juga dari dinas tersebut. Tetapi tidak dengan mendatangi kantor melainkan saat pameran potensi daerah dalam rangka hari jadi ke 100 Kabupaten Sleman. Tapi kita sering "alergi" jika harus ke kantor pemerintah, iya apa iya? Dan sayang sekali, web pariwisata.slemankab.go.id saat ini dalam keadaan belum terawat. Beberapa waktu lalu, saya membuka web tersebut dalam keadaan kurang up to date. Meski dalam dua bulan ini tampilannya sudah berbeda daripada waktu itu, tetapi masih belum ada berita yang up to date. 

Agenda Budaya Kabupaten Sleman 2017

 Foto paling atas adalah foto yang saya ambil dari web pariwisata sleman yang merupakan foto replika elang jawa yang dibuat dari buah dan pelepah pohon salak pondoh dalam acara festival salak pondoh akhir tahun 2016 lalu.  Sedangkan foto paling bawah adalah foto saparan wonolelo yang saya ambil dari web pemkab Sleman yang terselenggara tahun 2013 silam. Betapa menyedihkannya karena kami masyarakat Sleman tidak bisa menemukan foto-foto acara kemarin atau pun agenda di masa mendatang dari portal resmi. Sehingga, portal atau akun-akun unofficial menjadi sangat bermanfaat bagi kita yang ingin mengetahui banyak mengenai wisata dan even yang akan terjadi di beberapa waktu ke depan.