Header Ads

Ketahui Betapa Pentingnya Asuransi Rumah dan Cara Mendapatkannya


Meskipun sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan asuransi rumah di Indonesia. Namun sayangnya tidak banyak masyarakat Indonesia yang menyadari betapa pentingnya untuk memiliki asuransi rumah dengan beragam alasan. Padahal sebenarnya asuransi rumah memiliki manfaat yang cukup penting bagi para pemilik dan penghuni rumah. Tidak sedikit rumah dijual di Semarang yang sudah memiliki asuransi rumah dan merasa diuntungkan. Rumah memiliki fungsi yang cukup vital sebagai tempat tinggal Anda dan anggota keluarga, tentunya kamu menginginkan keutuhan bangunan dan isi rumah tetap terjaga.

Letak negara Indonesia yang berada di lokasi yang cukup rawan terhadap bencana seharusnya sudah cukup menjadi alasan mengapa asuransi rumah cukup penting untuk didapatkan. Bencana gempa bumi, angin topan, banjir, tsunami, hingga gunung merapi telah siap menghantam rumah Anda. Ketika bencana tersebut datang tentu Anda akan memakan banyak dana untuk melakukan perbaikan. Pada saat seperti inilah asuransi rumah dapat dimanfaatkan dengan baik.

Untuk mengetahui lebih rinci dan lebih jelas mengenai apa saja sebenarnya manfaat yang dapat kamu rasakan dari asuransi rumah? Perhatikan penjelasan berikut ini.

MANFAAT ASURANSI RUMAH

Asuransi rumah akan membantu sang pemilih rumah untuk meminimalisir dan meringankan biaya kerugian yang dialami dari beragam resiko bencana seperti banjir, gempa bumi, kebakaran, hingga pencurian. Proteksi yang diberikan oleh masing-masing perusahaan asuransi rumah memang berbeda-beda. Namun ketika resiko tersebut diambil alih oleh perusahaan asuransi rumah, maka Anda akan bisa memperoleh ganti rugi secara finansial.

Seperti misalnya yang terjadi pada kasus bencana yang dialami oleh warga Jepang pada tahun 2011. Meskipun gempa bumi dan tsunami sudah melumpuhkan dan merusak kota-kota di Jepang, namun kerugian yang dialami oleh masyarakat dapat diringankan dan diminimalisir karena sebagian biaya diganti rugi oleh perusahaan asuransi rumah. Berikut beberapa manfaat asuransi rumah lainnya yang bisa kamu dapatkan:
  1. Banjir dan kebakaran, ketika rumah kamu terkena bencana banjir atau kebakaran yang tercantum di dalam polis asuransi rumah, maka Anda berhak mendapatkan ganti rugi finansial yang telah disepakati.
  2. Kamu bisa mendapatkan jaminan atas isi rumah ketika terjadi pencurian atau perampokan sesuai dengan perjanjian yang telah kamu sepakati dengan pihak perusahaan asuransi rumah.
  3. Biaya opsi bencana, rumah di Semarang dan di Jakarta yang sering terjadi bencana banjir akan cukup diuntungkan dengan opsi yang satu ini. Anda akan mendapatkan biaya untuk membersihkan puing-puing bangunan pasca bencana. Hal ini tentunya tergantung dari kesepakatan yang Anda tanda tangani dengan perusahaan.
  4. Biaya tempat tinggal sementara. Ada beberapa perusahaan asuransi rumah yang menyertakan layanan bantuan untuk memberikan bantuan dana rumah sementara jika rumah tidak dapat dihuni.
PREMI ASURANSI RUMAH

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang belum memiliki kesadaran untuk melindungi diri dengan asuransi termasuk asuransi rumah. Ada pemahaman yang keliru yang beredar di masyarakat, seperti diharuskan membayar biaya yang cukup mahal untuk dapat merasakan manfaat dari asuransi rumah. Padahal faktanya premi asuransi rumah tidak semahal yang mereka pikirkan. Berikut beberapa perkiraan premi asuransi rumah per tahun di salah satu perusahaan asuransi di Indonesia :
  • Nilai pertanggungan Rumah (biaya pembangunan kembali rumah ketika terjadi musibah): Rp 350.000.000
  • Nilai pertanggungan isi rumah (biaya ganti ketika terjadi kerusakan atau kehilangan pada isi rumah): Rp 150.000.000
  • Total nilai pertanggungan: Rp 500.000.000
  • Premi per tahun yang harus dibayar: Rp 750.000
TRIK MEMILIH ASURANSI RUMAH

Untuk memilih asuransi rumah yang tepat dan sesuai dengan kondisi rumah kamu perlu menentukan perusahaan asuransi rumah terlebih dahulu. Anda bisa memilihnya melalui trik berikut ini:
  1. Lakukan perbandingan. Jangan terpaku pada satu perusahaan asuransi rumah. Lakukan riset dan perbandingan layanan serta produk yang ditawarkan khususnya terkait biaya untuk pembayaran. Pilih yang menurutmu paling menguntungkan. Jangan lupa untuk memilih perusahaan yang terpercaya
  2. Tentukan nilai pertanggungan yang sesuai. Pastikan kamu memilih nilai pertanggungan asuransi rumah yang sesuai dengan rumah yang akan Anda asuransikan. Jangan sampai kamu mengasuransikan rumah senilai 1 miliar rupiah dengan nilai pertanggungan hanya sebesar 300 juta rupiah. Nilai pertanggungan ini sangat tidak sesuai dan jauh sekali dari nilai rumah yang kamu beli, sehingga ketika terjadi sesuatu yang tak terduga kamu tetap harus mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk melakukan perbaikan rumah.
  3. Ketahui proses klaim. Pilih perusahaan asuransi rumah yang menawarkan kemudahan proses klaim pada saat terjadi musibah. Agar Anda tidak mengalami kesulitan ketika terjadi sesuatu pada properti milik Anda. Anda bisa mendiskusikannya di forum online mengenai pengalaman mereka yang sudah berpengalaman dengan perusahaan asuransi rumah yang bersangkutan.
Itulah beberapa informasi dan ulasan seputar asuransi rumah yang disampaikan pada ulasan kali ini. Semoga dengan adanya ulasan diatas ada banyak masyarakat yang lebih peduli terhadap masa depan tempat tinggal mereka.