Header Ads

Tren Blogger 2017, Tidak Jauh-jauh dari Uang

Tren Blogger 2017, Tidak Jauh-jauh dari Uang
Berbicara mengenai tren blogger di 2017, saya rasa tidak akan terlalu jauh berbeda daripada tahun sebelumnya. Sebab kehidupan blog sendiri memang sudah mengalami steadiness atau stabil. Bahkan beberapa waktu lalu negblog sempat kalah oleh kehidupan sosial media yang mana untuk meng-update cukup instan, semisal facebook dan twitter. Tetapi belakangan kehidupan ngeblog kembali menguat.

Dari sisi teknologi pun, platform blogging pun tidak terlalu banyak perubahannya daripada tahun-tahun lalu. Paling hanya tampilan dashboard dan template yang lebih segar. Sehingga bisa dibilang dalam S-curve, dunia blogging telah mengalami masa maturity. Semua tinggal kita, mau bertahan atau tidak menjadi blogger yang sudah tua ini agar dunia blogging tidak mati.

Perbedaan ngeblog sekarang dan tahun-tahun sebelumnya sebenarnya bukan lagi pada sisi topik. Melainkan pada konten, sebagaimana sudah saya tulis pada postingan yang lalu, yaitu konten visual baik itu gambar maupun video. Sedangkan dari sisi topik tulisan, saya rasa tulisan yang dekat dengan uang akan banyak bermunculan. Maksudnya, tulisan itu semakin disukai oleh pembaca sekaligus disukai oleh advertiser, baik itu melalui iklan, softselling, review, dan lain-lain.

1. Travel Blog
Industri wisata memang sedang naik daun. Terlebih dengan banyaknya acara televisi yang menayangkan eksotisme wisata Indonesia. Bisnis yang terkait dengan travelling pun sedang menikmati hasil. Semisal bisnis hotel, transportasi, paket wisata, serta aplikasi-aplikasi yang mendukung aktivitas wisata. Tulisan blog tentang wisata banyak diminati oleh pembaca. Dengan demikian, blog yang bertema wisata juga diminati oleh pengiklan.

2. Food Blog
Berwisata kurang afdhal jika tidak mencicipi makanan dari tempat itu. Dan perkembangan tempat berwisata kuliner semakin hari juga semakin cepat. Sampai-sampai kita bingung mau makan dimana. Bukan karena tidak ada yang menarik melainkan karena semuanya menarik. Oleh karena itu blog yang mengulas mengenai tempat makan ini semakin menjamur.

Masih tentang blog makanan, kesadaran masyarakat mengenai makanan yang enak dan sehat semakin terasa, maka mereka pemilik blog makanan pun (kebanyakan emak-emak) mendokumentasikan hasil racikan makanan sehatnya di dalam blog. Dan itu juga menarik perhatian pembaca.

3. Techno Blog
Perkembangan teknologi terkhusus gadget, fotografi, internet dan yang terkait dengan itu saat ini perkembangannya luar biasa cepat. Gadget yang booming tiga bulan lalu, bisa jadi sudah basi jika dibahas hari ini. Oleh karena itu, blogger tekno harus merespon kecepatan itu dengan tulisan yang selalu up to date. Pembaca pun suka dengan berita atau ulasan yang selalu segar. Karena pembacanya selalu berdatangan untuk blog tekno yang selalu segar, pengiklan pun suka.

4. Fashion Blogger
Setiap dari kita selalu menginginkan sesuatu yang custom. Tentu dalam hal berpakaian kita selalu ingin custom. Tidak lucu kan kalau kita di dalam acara ternyata bertemu dengan orang yang bajunya sama dengan kita? Dunia fashion semakin berkembang. Dan di 2017 ini, hijab menjadi topik yang sangat menjual. Fashion blogger pun berkembang seiring dengan itu.

5. Blog postingan berbayar
Siapa blog tidak ber-niche tidak mampu bertahan? There are not niche is a niche. Banyak "penyedia uang" yang bisa memberikan uangnya kepada blogger gado-gado untuk bisa menampilkan iklan produknya di dalam postingan blog. Baik tulisan soft selling maupun hard selling bisa dibuat di dalam tulisan blog personal. Dan blog yang demikian tidak sedikit.

6. Blog gagal
Sepertinya ini perlu saya tulis sebagai salah satu bentuk tren blogger yang sebenarnya sudah ada sejak blog itu ada. Di tahun-tahun sekarang, karena banyak blogger yang telah merasakan manfaat secara materi, banyak pula calon blogger yang ingin merasakannya. Tetapi, mereka melihat bahwa kesuksesan blogger ini didapatkan secara instan. Sehingga mereka membuat blog yang sama. Seminggu, dua minggu, sebulan, ternyata tidak sesuai harapan. Tidak ada manfaat materi yang bisa mereka dapatkan. Bahkan membuat tulisan pun semakin terasa berat. Mereka menyerah. Akhirnya blognya mati karena tidak di-update.

Blogger yang sudah pernah merasakan nikmatnya dunia blogging pun kadang berat mempertahankan konsistensi ngeblog. Jadi, apa pun niche blog yang ingin dibangun, konsistensi dan kontinyuitas menjadi kunci utama. Di 2017 tantangan teknologi semakin besar. Kadang aktif di sosial media tidak lantas aktif di blog.

Blog memang semakin dekat dengan uang. Tetapi, apakah akan selamanya demikian? Tren blogger 2017 bisa saja berbeda dengan yang saya tulis. Itu tergantung bagaimana sudut pandang kita menjalani kehidupan sebagai blogger. :)