Header Ads

Tips Membuat Rumah Sejuk dan Dingin di Musim Panas

Memiliki sebuah rumah murah di Surabaya yang dekat dengan pantai slayar atau daerah perkotaan yang gersang pastilah membuat anda dan keluarga Anda tidak nyaman. Ketidaknyamanan tersebut sebagian besar diakibatkan oleh cuaca panas di dalam rumah Anda. Suhu dalam rumah yang tinggi tersebut dapat diakibatkan oleh dua hal. Faktor utama adalah faktor cuaca tempat Anda tinggal. Faktor kedua yang tidak kalah penting adalah ventilasi dan ruang hijau di dalam dan di luar rumah Anda.

Rumah murah di Surabaya

Faktor pertama, cuaca atau iklim merupakan faktor yang tidak dapat Anda ubah. Oleh karena itu, kesempatan Anda untuk membuat rumah Anda sejuk dan nyaman, terutama saat musim panas adalah melakukan beberapa perubahan dan perbaikan pada sektor ventilasi dan ruang hijau dalam atau luar rumah Anda.

Ventilasi berperan penting dalam menjaga kelancaran sirkulasi udara yang sehat dalam rumah Anda. Sedangkan ruang hijau di luar rumah akan menyediakan naungan hingga rumah dan halaman Anda tidak terpapar sengatan sang surya secara langsung.  Terutama jika Anda memiliki rumah di daerah Surabaya yang panas.

Selain itu, tumbuhan tersebut dapat membuat rumah Anda tampak asri dan indah. Belum lagi jika tumbuhan yang Anda tanam dapat menyerap polusi dan memiliki produktivitas yang dapat Anda nikmati. Misalnya menanan pohon buah-buahan dan beberapa jenis sayur mayur.

Tips Mengatur Ventilasi Rumah yang Baik untuk Daerah Bercuaca Panas


Air conditioner atau AC memang salah satu solusi untuk mengatasi ketidaknyamanan akibat cuaca panas. Namun, kinerja AC lebih pada mendinginkan udara dengan zat kimia tertentu dan sirkulasi udara jadi tidak maksimal karena penggunaan mesin tersebut. Hal ini terjadi karena umumnya ruangan yang ber-AC cenderung tertutup untuk mencegah keluarnya udara yang telah didinginkan oleh AC.

Berikut beberapa tips untuk mengatur ventilasi udara yang baik, agar rumah Anda lebih sejuk, nyaman dan sehat saat musim kemarau yang gerah dan panas.

Ventilasi Rumah yang Baik Setidaknya Memiliki Tinggi 1.16 Meter
Ukuran ventilasi berkorelasi positif terhadap lancarnya sirkulasi udara segar dari luar ke dalam rumah Anda. Oleh karena itu, buatlah ventilasi berupa jendela setidaknya setinggi 1,16 meter. Dengan begitu, udara segar akan lancar masuk ke dalam rumah Anda. Sebaliknya, udara panas dan pengap dari dalam rumah akan keluar dengan lancar pula.

Posisi Jendela yang Baik : Arahnya Berseberangan

Agar udara memiliki sirkulasi yang baik, arahkan jendela rumah Anda secara berseberangan. Jendela rumah yang berseberangan akan membuat udara mengalir secara alami dalam rumah Anda. Misalna begini, jika Anda mengarahkan jendela pada bagian timur rumah Anda, maka pada arah baratnya, buatlah jendela lain yang sejajar. Dengan demikian, hembusan aliran udara dari arah timur akan mengalir keluar membawa pengap dan panas, keluar melalui jendela di arah barat. Begitu pula sebaliknya.

Menyejukkan Rumah dengan Tanaman Hias yang Bisa Dikonsumsi

Memiliki beberapa jenis tanaman hias berupa pepohonan, perdu atau tumbuhan berukuran mini bukan hanya dapat memperindah hunian Anda. Dengan pemilihan jenis tanaman hias yang tepat, Anda tidak hanya akan dapat mendapat keindahan saja, manfaat lain seperti suplai bahan makanan sehat juga dapat terpenuhi. Tentu saja, tanaman hias tersebut juga akan membawa rumah Anda menjadi asri dan lebih sejuk. Meski terletak di daerah yang memiliki cuaca panas menyengat.

Berikut beberapa pilihan tanaman hias yang dapat menyejukkan rumah Anda sekaligus dapat memberikan manfaat kesehatan karena dapat dikonsumsi sebagai buah segar atau sayuran.

Mangga (Mangifera indica)

Mangga merupakan salah satu pohon yang memiliki pokok yang tinggi dan berdaun cukup lebar. Pohon mangga adalah salah satu pohon yang dapat Anda tanam untuk memperoleh keteduhan dan buah segarnya sekaligus. Sebaiknya Anda membeli dan menanam pohon mangga hasil perkembangbiakan vegetatif (buatan) seperti cangkok. Karena selain cepat berbuah, pohon mangga hasil cangkok umumnya berukuran tidak terlalu besar hingga tidak akan menimbulkan masalah untuk ditanam di daerah perkotaan.

Budidaya Anggur di Halaman Rumah Sebagai Peneduh
Tanaman anggur bukan pilihan yang populer karena susahnya anggur berbuah di daerah tertentu. Namun, dengan perawatan yang tepat, buah yang indah bergerombol ini tentu akan menjadi ornamen yang segar dan asupan vitamin C instan di rumah Anda. Selain itu, pohon anggur juga dapat menjad naungan karena daunnya yang lebar dan arah tumbuh batangnya yang merambat dapat diatur sedemikian rupa hingga menjadi naungan yang indah nan teduh untuk rumah Anda.

Demikian tips dan trik membuat rumah sejuk dan sehat saat musim kemarau ini. Tips dan trik yang kami rangkum ini cocok untuk Anda yang memiliki kediaman atau rumah di Surabaya atau di kota-kota lain yang memiliki cuaca yang terik panas. Semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda!