Header Ads

Inilah 3 Trik Jitu Dalam Pengambilan Foto Makro Menggunakan Kamera Hp


Apa sih yang dimaksud dengan foto makro? Foto makro adalah salah satu teknik fotografi yang dilakukan dari jarak dekat, serta ditujukan pada objek-objek berukuran kecil. Ada berbagai macam jenis objek kecil seperti bunga, serangga, dan apa saja yang sekiranya menurut kita itu benda kecil. Selain itu, teknik makro juga akan memfokuskan objek agar menghasilkan efek blur. Pada mulanya, teknik fotografi makro ini biasa dilakukan dengan menggunakan kamera DSLR lengkap dengan lensa macronya. Seiring berkembangnya teknologi gadget, kini teknik foto makro bisa kita lakukan dengan menggunakan kamera Hp. Namun yang jadi pertanyannya, apakah Anda sudah mengetahui cara buat foto makro dengan smartphone? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut dibawah ini ada 3 trik jitu dalam penagmbilan foto makro menggunakan kamera Hp:

1. Tentukan Dulu Objek Yang Akan Diambil   
Trik jitu yang pertama dalam pengambilan foto makro, yakni tentukan dulu objek yang akan Anda ambil. Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa ada beberapa benda-benda kecil yang bisa jadikan objek mulai dari bunga, serangga, bahkan kerikil juga bisa dijadikan objek. Jika sudah ditentukan, Anda pun bisa mengambil foto makro dengan memfokuskan pada objek tersebut.

2. Setting Kamera
Setting kamera bisa Anda lakukan mulai dari membersihkan lensa kamera Hp-nya, agar gambar yang dihasilkannya lebih jernih. Selanjutnya aktifkan kamera Hp, kemudian masuk ke pengaturan kamera. Ubah focus mode dengan macro. Jika tidak tersedia mode macro, maka Anda bisa menggantinya dengan menyalakan fitur HDR. Selanjutnya ubah Matering menjadi mode Spot, supaya pencahayaan yang dihasilkan lebih sempurna. Dan yang terakhir, gunakanlah resolusi tinggi agar saat di cropp hasil gambarnya tidak pecah.

3. Teknik Pengambilan Objek Harus Jeli
Sebelum Anda hendak mengambil foto objeknya, terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa cahaya di tempat sekitar objek cukup terang. Mengapa demikian? Sebab, tingkat kecerahan sangatlah penting dalam mengambil foto makro. Tak hanya itu, Anda juga harus menaikkan kecepatan shutter agar saat terjadi goyang maka objek fotonya tidak kabur. Selanjutnya dekatkan kamera Hp pada objek yang akan diambil, dan usahakan tangan Anda jangan sampai goyang.

Itulah 3 trik jitu dalam pengambilan foto makro menggunakan kamera Hp. Selanjutnya, Anda tinggal mempraktekkan 3 trik diatas saat melakukan teknik makro.