Header Ads

Pengertian dan Cara Kerja Bitcoin

Pengertian dan Cara Kerja Bitcoin


Di kehidupan yang serba canggih seperti sekarang ini, tak sedikit orang-orang yang mengadu nasib dan mendapatkan penghasilan di dunia maya. Ya, salah satunya adalah dengan cara jual beli bitcoin. Berbicara soal bitcoin, mungkin sebagian besar dari kita ada yang belum mengetahui tentang apa itu bitcoin. Nah, bagi Anda atau siapa saja yang belum tahu tentang bitcoin, mari sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini.

Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency, yang berupa mata uang digital. Menurut informasi yang di dapat, orang yang membuat sistem bitcoin ini adalah seorang progammer asal negara Jepang yang bernama Satoshi Nakamoto. Terlepas dari hal itu, mata uang digital tersebut dapat dipergunakan untuk membeli berbagai jenis jasa seperti web hosting, game, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, jumlah layanan penerima bitcoin tersebut belum terlalu banyak. Lantas, mengapa banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan bitcoin? Tentu saja bitcoin ini adalah investasi besar, yang bisa membuat seseorang menjadi kaya raya. Bahkan, harga bitcoin pada tahun ini terus mengalami peningkatan yang cukup tinggi lho. Lalu, bagaimana sih cara kerja bitcoin?

Cara Kerja Bitcoin

Sejatinya, bitcoin merupakan satu jurnal digital yang dapat mendata siapa saja pemiliki bitcoin beserta jumlah yang telah didapatnya. Dalam sistem bitcoin, jurnal digital tersebut akan disimpan pada masing-masing orang yang ingin mendapatkan ataupun bagi yang ingin melakukan transaksi (maintainers). Dengan kata lain, apabila salah satu jurnal digital tersebut mengalami gangguan, maka anda masih bisa menggunakan cadangan dari pengguna lainnya. Mengingat dalam jurnal digital ini bisa dikontrol oleh semua pengguna, maka anda dan pengguna lainnya dapat mengetahui tentang jumlah bitcoin yang didapat serta setiap kegiatan transaksinya. Adapun mengenai beberapa keunggulan dari penggunaan sistem bitcoin seperti di bawah ini :

1. Bitcoin mengusung sistem desentralisasi, dimana tidak ada satu pihak yang dapat menguasai jurnal digital ini. Pada intinya, semua pengguna bisa berpartisipasi dalam jurnal digital.
2. Proses transaksi yang begitu mudah dan simple, dan tidak seperti transaksi di Bank yang ribet.
3. Meski semua pengguna dapat aktif dalam bitcoin, namun kerahasiaan nomor rekening anda akan tejaga dengan aman.
4. Biaya transfer bitcoin sangat rendah, serta tidak dikenai biaya administrasi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian bitcoin dan cara kerjanya. Akhir kata cukup sekian, dan semoga ulasan diatas tadi bermanfaat.