Header Ads

4 Cara Mencegah Gigi Berlubang

Masalah berupa gigi berlubang memang menjadi hal yang sangat penting. Karena gigi digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Mencegah gigi berlubang tentu sangat perlu agar gigi selalu sehat. Gigi berlubang dapat dicegah dengan banyak hal. Terpenting tidak merusak gigi maupun bagian yang lainnya. Terdapat beberapa cara mencegah gigi berlubang yang bisa Anda gunakan dengan mudah.

Bagi sebagian orang masalah berupa gigi berlubang menjadi hal yang penting. Karena bisa saja gigi berlubang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Karena itu banyak dari masyarakat yang mencari cara pencegahannya. Karena lebih baik mencegah daripada melakukan pengobatannya. Ingin tahu cara mencegah gigi berlubang? Simak lebih jelasnya pada artikel ini.

gigi berlubang

Beberapa Cara Mencegah Gigi Berlubang

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegahan terhadap gigi berlubang. Ini dia beberapa caranya:

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Sudah pasti, gigi membutuhkan nutrisi yang tinggi. Salah satu caranya bisa dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi. Dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi maka akan jauh lebih sehat dan memberikan manfaat pada gigi. Termasuk untuk mencegah dari gigi yang menjadi berlubang.

Makanan yang direkomendasikan seperti sayur-sayuran hijau, alpukat, kacang kacangan, dan lainnya. Tentunya yang memiliki banyak kandungan vitamin tinggi untuk membantu meningkatkan gigi Anda. Terlebih jika kandungan vitamin D tinggi maka harus dikonsumsi secara rutin. Untuk itu selalu pastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan yang memang memiliki nutrisi tinggi.

Hindari Makanan Berkadar Gula Tinggi

Memberikan rasa manis pada makanan ataupun minuman memanglah sangat lezat. Namun, jika terlalu berlebihan maka akan fatal hasilnya. Termasuk dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang. Karena itu untuk mencegah hal tersebut terjadi alangkah baiknya untuk menghindari makanan manis.

Terutama untuk makanan yang memang hampir setiap hari di makan. Karena makanan manis ini bisa menjadi timbulnya bakteri pada gigi. Kemudian bakteri tersebut membesar dan mulai membuat lubang pada gigi. Tentu sangat disayangkan jika Anda kehilangan gigi yang kuat hanya karena gula.

Rutin Membersihkan Gigi

Penting! Untuk tetap rutin dalam melakukan pembersihan dari gigi. Karena kotoran dan bakteri yang ada pada gigi akan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Tentu Anda tidak menginginkan hal seperti ini terjadi bukan? Untuk itu sangat disarankan membersihkan gigi menggunakan sikat setidaknya 2 kali dalam sehari.

Baik pada pagi hari maupun malam hari. Serta disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Kandungan tersebut dapat membersihkan gigi secara rutin dan begitu bersih dari bakteri. Jadi, kesehatan gigi Anda akan menjadi lebih terjamin!

Kurangi Kebiasaan Mengemil

Sering ngemil makanan? Cobalah untuk menguranginya dari sekarang. Karena kegiatan yang satu ini cukup membuat kesehatan dari gigi menjadi terganggu. Ngemil dengan beberapa makanan yang mungkin tidak sehat mungkin sering Anda lakukan. Terlebih untuk ngemil menggunakan snack yang terdapat banyak kandungan pemanis makanannya.

Karena itu sangat disarankan untuk Anda mengurangi kegiatan yang satu ini. Alternatif lain dari ngemil yaitu dengan mengkonsumsi air putih. Karena air putih dapat membantu untuk menyehatkan kembali tubuh Anda dan memberikan suplai energi yang tinggi.

Begitulah cara mencegah gigi berlubang yang bisa Anda gunakan. Mulai sekarang gunakan beberapa cara diatas agar kesehatan gigi Anda menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!