Post Top Ad

Batik

UMKM

Beberapa waktu yang lalu ketika saya mencari  informasi mengenai industri 4.0, saya justru menemukan istilah society 5.0 yang di-share oleh salah satu teman di facebook. Belum kita tahu banyak tentang industri 4.0 sudah muncul saja society 5.0, apa lagi ini? Setelah baca-baca beberapa sumber awal, ternyata menarik juga society 5.0 ini. Konsep yang dibangun oleh Jepang ini konon katanya mewujudkan A New Human Centered Society alias masyarakat yang benar-benar berkonsentrasi pada manusianya. Kok bisa?

Mengenal Society 5.0, Teknologi Melayani Manusia
Klik gambar untuk masuk ke laman resmi society 5.0

Istilah industrie 4.0 (industri 4.0) yang sering kita dengar selama ini adalah konsep yang dimuculkan oleh Jerman. Negara-negara lain pun berlomba-lomba membangun ide dan konsep smart masing-masing. Selain Jerman dengan Industrie 4.0, Amerika membangun konsep Industrial Internet, sedangkan Tiongkok memiliki konsep Made in China 2025, dan tetangga kita Singapore membangun smart nation atau negara cerdas. Semua memiliki kesamaan yaitu berbasis internet of things, robot, big data, dan sejenisnya. Nah, Jepang memiliki konsep Society 5.0.

Menariknya, kalau selama ini konsep internet selalu saja berbasis industri dan produksi manufaktur, society yang dikembangkan oleh Jepang ini basisnya adalah manusia. Jadi sederhananya konsep ini adalah menggunakan konsep industri 4.0 untuk kepentingan manusia. Mungkin ini yang lebih cocok kita bahas di kehidupan kita. Mengingat sering di sekitar kita diadakan seminar-seminar yang dikait-kaitkan dengan industri 4.0. Padahal kita belum benar-benar tahu efek industri 4.0 bagi sosial kemasyarakatan kita itu seperti apa. Ya ini, society 5.0 adalah implementasi industri 4.0 di masyarakat. Dengan membaca society 5.0 ini, kita jadi tahu hubungannya dan kita harus tahu apa yang harus kita lakukan dalam menghadapinya.



Antara Society 5.0 dan Industri 4.0


Kok tiba-tiba kita sudah sampai ke society 5.0, yang pertama hingga ke empat apa saja? Masyarakat generasi pertama adalah ketika kita berada di era berburu dan meramu, dilanjutkan di generasi kedua adalah era pertanian. Masyarakat generasi ketika adalah era industri yang dimulai sejak penemuan mesin uap. Bu guru sejarah SMP sudah menjelaskan ini, pastikan Anda dulu tidak membolos ketika materi ini, hehe. Masyarakat generasi keempat adalah ketika kita mengenal komputer hingga internet yang digunakan untuk berbagi informasi. Kita para bloger adalah produk society 4.0 dimana kita memanfaatkan internet untuk berbagi informasi melalui sosial media termasuk blog. Dan era ini akan segera kita tinggalkan untuk menyambut society 5.0 dimana internet bukan sekadar untuk berbagi informasi melainkan memang untuk menjalani kehidupan.

Baca juga perjalanan Industri 4.0

Society 5.0 adalah konsep dimana kita menggunakan ilmu pengetahuan (IoT, big data, AI, robotik, dst) untuk "melayani" kebutuhan manusia. Tujuan dari society 5.0 adalah mewujudkan masyarakat dimana manusia-manusia di dalamnya benar-benar menikmati hidup yang sepenuhnya berupa aktivitas positif dan mereka merasa nyaman.

Contoh sederhana bagaimana mereka bisa membahagiakan masyarakat, di bidang kesehatan dengan sharing informasi terkait dengan data medis, kita tidak seharusnya dipingpong ke sana kemari hanya untuk mendapatkan informasi kesehatan. Dan dalam pelayanannya, bisa digunakan fasilitas robotik ataupun kecerdasan buatan.  Di bidang transportasi, digunakan self driving car atau mobil yang dapat berjalan sendiri. Untuk pemgiriman barang, digunakan drone. Untuk fintech, kita sepenuhnya dengan smartphone jadi tidak perlu ke atm atau ke teller bank. Lebih menarik jika kita melihat video teaser society 5.0 berikut.


Contoh-contoh tersebut sebenarnya sudah ada dan beberapa sudah kita rasakan. Hanya saja, belum terintegrasi satu dengan lainnya. Masing-masing berjalan sendiri sehingga belum terwujud sebagai suatu society. Konsep society 5.0 ini adalah integrasi antara aspek-aspek kehidupan baik itu kesehatan, transportasi, pertanian, industri, keuangan, dan lain sebagainya dan dijalankan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang terwujud dalam IoT, Big Data, AI, robotik, dan sebagainya.

Society 5.0 adalah "super smart society" dimana inovasi yang dilakukan bukan semata hanya mengejar inovasi teknologi melainkan melihat apa kebutuhan dari masyarakatnya. Mengingat konsep ini lahir di Jepang dan sudah menjadi rahasia umum bahwa orang-orang Jepang adalah masyarakat yang gila kerja, maka inovasi yang dilakukan adalah hal-hal yang dapat melayani manusia. Manusia butuh apa, biar robot yang menyediakan. Ibarat kata, inilah era yang sering kita tonton di film doraemon, hehe.

Era kehidupan setiap negara tentu berbeda-beda. Bahkan kemunculan tulisan yang menjadi tanda perpindahan dari masa pra sejarah ke masa sejarah pun setiap negara berbeda-beda. Konsep society 5.0 ini muncul di Jepang dan konsep industrie 4.0 muncul di Jerman. Kita cepat atau lambat akan merasakan juga, entah kapan tergantung kesiapan kita. Kita hari ini bisa jadi berkata "ah itu kan di Jepang, ah itu kan di Jerman", tetapi tanpa kita sadari beberapa waktu lagi akan tiba di era mereka juga. Yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri agar kita siap jika era itu benar-benar tiba. Ketika nanti ada seminar kaitannya dengan menghadapi era industri 4.0, setidaknya kita tahu bagaimana masyarakat harus bersiap karena society 5.0 adalah implementasi industri 4.0 di ranah sosial masyarakat. Society 5.0 dihadirkan bukan untuk membunuh manusia melainkan untuk melayani manusia. 😊

Post Top Ad