Header Ads

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Seimbang Bagi Anak Usia 4-6 Tahun

Asupan makanan si kecil sudah mulai bisa disamakan dengan orang dewasa ketika anak sudah berusia 4-6 tahun atau usia prasekolah. Meskipun demikian, bukan berarti Anda sebagai orang tua bisa sembarangan memilih menu makanan untuk anak Anda.

gizi seimbang

Menurut angka kecukupan gizi (AKG) Kementerian Kesehatan RI, rata-rata kebutuhan energi harian pada anak usia 4-6 tahun yaitu sebesar 1.600 kalori. Sebagai orang tua, sebisa mungkin harus menyajikan menu makan untuk memenuhi gizi seimbang bagi anak prasekolah dalam porsi yang mudah dikunyah. Berikut pilihan makanan yang dapat diberikan orang tua untuk mencukupi gizi anak usia 4-6 tahun atau prasekolah.

Karbohidrat
Usia 4-6 tahun merupakan masa dimana anak banyak melakukan aktivitas fisik untuk lebih mengenal dunia sekitarnya. Hal ini menjadi penyebab utama dari mudah berubahnya nafsu makan anak. Dalam satu hari, pastikan anak mendapatkan minimal 220 gram karbohidrat. Perlu diketahui, terdapat 2 jenis karbohidrat yang bisa Anda berikan pada anak.

Yang pertama yaitu karbohidrat sederhana. Karbohidrat ini merupakan jenis pilihan makanan untuk memenuhi gizi seimbang yang paling mudah diserap, dan kemudian akan diubah menjadi gula darah. Karbohidrat sederhana bisa ditemukan pada gula putih, gula merah, madu dan jenis pemanis lainnya.

Jenis karbohidrat yang selanjutnya  yaitu karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini merupakan jenis karbohidrat yang terbuat dari rantai molekul gula panjang yang memerlukan waktu lama untuk dicerna. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, ubi, nasi, jagung, dan kentang.

Protein
Kebutuhan makanan yang mengandung protein untuk usia prasekolah adalah sebanyak 35 gram setiap harinya. Untuk memenuhi gizi seimbang pada anak, haruslah teratur dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung protein nabati dengan makanan yang mengandung protein hewani. Makanan yang mengandung protein nabati berasal dari tumbuhan, sedangkan makanan yang mengandung gizi protein hewani bersumber dari hewan.

Lemak
Pemenuhan asupan gizi lemak pada anak usia 4-6 tahun sekitar 62 gram per harinya. Perlu diperhatikan, tidak sembarang lemak dapat diberikan pada anak begitu saja. Jenis lemak yang aman diberikan pada anak yaitu lemak baik. Lemak ini hadir dalam bentuk asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Jenis asupan yang mengandung lemak baik diantaranya alpukat, kacang almond, minyak zaitun, ikan salmon, tofu dan masih banyak lainnya.

Jenis lemak selanjutnya yaitu lemak jahat. Sebenarnya jenis lemak ini bukan tidak aman dikonsumsi anak, hanya saja diharuskan untuk memperhatikan takaran tertentu untuk dikonsumsi anak usia prasekolah. Gizi seimbang akan terpenuhi jika pemenuhan jenis lemak ini sesuai dengan yang sesuai dengan standar minimal pemenuhannya.

Serat
Anak usia prasekolah, idealnya membutuhkan asupan serat sebanyak 22 gram dalam sehari. Namun, tidak sedikit anak yang mengalami sembelit akibat kurangnya asupan serat. Kondisi ini terjadi ketika anak lebih suka makanan siap saji. Padahal, sayur dan buah merupakan sumber makan tinggi serat yang tidak boleh sampai terlewatkan. Buah dan sayur dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, mengontrol kadar gula darah, dan menjaga berat badan anak agar terhindar dari resiko obesitas

Vitamin dan Mineral
Daging tanpa lemak pada ayam, unggas, dan ikan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi mikro. Zat besi, kalsium, natrium, tembaga, vitamin A, B, dan segudang vitamin dan mineral lainnya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak usia prasekolah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk pemenuhan asupan gizi haruslah sesuai dengan standar minimal penggunaannya. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat.