Dulu, sepertinya tidak pernah terbayangkan nomor hp hangus karena lupa isi pulsa. Bagaimana tidak, dulu kita selalu menggunakan hp untuk telepon dan sms, jadi belum sampai habis masa aktifnya, pulsa sudah habis dan harus isi ulang pulsa. Tetapi sekarang sudah hampir tidak pernah lagi telepon menggunakan pulsa, apalagi sms. Semua sudah tergantikan oleh layanan digital. Saat ini whatsapp menjadi aplikasi andalan untuk berkomunikasi, entah tahun mendatang. Alhasil, lupa deh isi ulang pulsa, apalagi setelah terpasang wifi di rumah.


Bagaimana mengurus nomor indosat IM3 hangus?

Tetapi, nomor hp harus tetap hidup jika memang masih mau menggunakan nomor tersebut termasuk untuk whatsapp. Sialnya, seminggu lalu saya baru tersadar kalau lupa isi pulsa nomor indosat IM3 punya ibu saya. Saya cek pulsa gagal, telepon keluar gagal, ditelepon juga pesannya "nomor tidak terdaftar". Aduh, bagaimana ini? Kalau ganti nomor, pusing juga. Ini nomor sudah menyala sejak 2009, bentuk kartunya pun masih gede alias standard simcard.


Saya bawa deh ke gerai Indosat Ooredoo di Sleman City Hall. Memang ini gerai terdekat dengan rumah daripada gerai yang lain. Diterima oleh Costumer Service Mas Erwin, setelah mengecek ia mengatakan kalau nomor telah hangus di tanggal 15/1, padahal saya ke gerai di tanggal 21/1. Bagaimana, apakah masih bisa dihidupkan lagi? Bisa, tetapi harus pindah ke layanan pascabayar. Haduh...


Bagaimana mengurus nomor indosat IM3 hangus?


Syaratnya? Harus yang memiliki nomor itu sendiri yang mengurus. Karena dulu saya mendaftarkan nomor itu menggunakan KTP ibu saya, jadi beliau harus saya ajak untuk mengurus. Akan ada form yang harus diisi dan ditandatangani langsung oleh ibu. KTP pun dicek di komputer CS. Pemilik nomor pun difoto, jadi harus lepas masker sebentar.


Mas Erwin menjelaskan mekanisme layanan pascabayar, mengingat sejak pertama memiliki hp sampai sekarang saya belum pernah menggunakan layanan pasca bayar. Bagaimana pembayarannya? Bisa lewat gerai, mobile/internet banking, indomaret (alfamart belum bisa), gopay, ovo, linkaja, dan layanan payment umum lainnya. Pembayaran dapat dilakukan setelah nanti mendapat notifikasi baik email maupun sms dalam jangka waktu 20 hari. Jika 20 hari tidak dibayarkan, maka akan di-suspend sementara sampai tagihan dibayarkan.


Berapa? Mas Erwin awalnya menyampaikan kalau biaya bulanannya Rp 110.000,- yaitu paket prime. Untuk bulan pertama, dibayarkan di awal bulan, yaitu saat hari mengurus nomor ini. Dengan paket seharga ini, kita mendapat kuota utama 20 GB. Haduh, makin banyak tagihan nih, pikir saya. Setelah ngobrol sana-sini, ternyata ada paket prime lite Rp 55.000,- tetapi pembayaran pertama langsung untuk tiga bulan. Di paket prime lite ini kita mendapat 5 GB kuota utama. Saya ambil deh paket prime lite ini. Saya cek di web indosat ooredoo tidak ada paket lite ini. Semoga tetap ada di masa-masa mendatang karena tidak terlalu mahal.


Saya diberi simcard baru, simcard yang lama diserahkan ke CS. Setelah nomor diurus, tidak bisa langsung aktif. Butuh waktu 24jam hingga 3 hari agar benar-benar aktif. Benar saja, tiga hari kemudian nomor IM3 ibu saya baru bisa digunakan.


Sepertinya menerima risiko pindah ke paket pasca bayar adalah yang terbaik untuk saat ini. Jika tidak, maka pilihan lainnya adalah ganti nomor. Berat untuk opsi ini, karena nomor sudah dikenal dimana-mana, kalau ganti nomor maka harus mengabarkan tentang pergantian nomor ini. Jadi, buat Anda yang punya risiko nomor hangus, perhatikan masa aktif nomor Anda, jangan sampai hangus ya...