Header Ads

[Vlog] Menulis Kreatif


Di pekan kesebelas Liga Blogger Indonesia 2017 ini, admin memberikan tantangan membuat video tentang menulis kreatif. Coba-coba baca literatur dan sumber di sana-sini, ternyata menulis kreatif itu terkait dengan estetika bahasa atau kurang lebih ada pada karya seni sastra. Tentu saja ini jauh dari domain keilmuan saya yaitu engineering.

Saya bilang kalau menulis kreatif itu kurang lebihnya adalah karya seni sastra. Tidak semua tulisan adalah karya sastra. Tentu berbeda antara karya sastra dengan karya ilmiah. Entah tulisan di blog ini masuk mana, sastra bukan, ilmiah juga bukan. Hal ini terkait dengan pengertian-pengertian yang ada di banyak literatur bahwa menulis kreatif itu hubungannya dengan sisi estetika bahasa. Hal ini perlu disampaikan agar tidak bias semakin jauh dalam penggunaan istilah "menulis kreatif". Jadi menulis kreatif bukan sekedar menulis dengan kreativitas-kreativitas saja.

Jika dibandingkan dengan kreativitas yang terkandung dalam karya sastra semisal puisi, prosa, roman, dan sebagainya, tentu tulisan di blog ini jauh dari itu. Sehingga, yang bisa saya bilang adalah, saya menulis dengan bumbu kreativitas. Karena kreativitas memang hanya sebagai penghias agar maksud tulisan tersampaikan. Sedangkan dalam menulis kreatif, kreativitas adalah hal yang mutlak harus ada.

Video ini saya ambil di warung LDR yang letaknya di tepi jalan dan tanpa editing apa pun. Sehingga back sound berupa bunyi kendaraan lewat sangat jelas terdengar, hehe.